Skip to main content

MENGENAL BAGIAN - BAGIAN DAGING SAPI



MENGENALI BAGIAN – BAGIAN DAGING SAPI

Bentar lagi Hari Raya Idul Adha nih… Pasti kebagian daging kurban dong ya… Alangkah lebih baik, jika kita mengenal bagian – bagian dari daging sapi, dan enaknya di masak apa sih nanti… Mari di pahami ya… ^_^
Tulisan ini saya ambil dari berbagai sumber terpercaya ^_^

Istilah dalam daging sapi :
1.     Atas : Paha depan, daging iga, has dalam, has luar, tanjung, lamosir, penutup, punuk, tulang T, hidung, lidah, ekor, leher, dan kepala
2.    Bawah : Sandung lamur, sengkel, sancan, gandik, kelapa, hati, jeroan, kaki, kulit, tetelan
3.    Lain – Lain : glonggongan, kikil

Kalau Cuma itu aja masih bingung pasti… Ini ada keterangannya lebih jelas :
1.     Paha Depan / Chuck
Berasal dari bagian atas paha depan. Cirinya : Berbentuk potongan segi empat dengan ketebalan 2 – 3cm, dari tulang pundak masih menempel ke bagian paha sampai ke bagian terluar punuk. Bagian ini digunakan untuk membuat bakso.
2.    Iga Sapi / Rip
Berasal dari sekitar tulang iga atau rusuk. Bagian ini termasuk dalam 8 bagian utama daging sapi yang biasa kita konsumsi. Tulang iga biasa dimasak menjadi sop, semur, atau dipanggang. Rib eye steak adalah potongan dalam bentuk steak bisa dengan tulang atau tanpa tulang, biasa digunakan untuk sop konro.
3.    Has Dalam / Fillet / Tenderloin
Berasal dari tengah badan sapi. Daging ini terdiri dari bagian – bagian otot utama disekitar bagian tulang belakang, dan kurleb diantara bahu dan tulang panggul. Bagian ini adalah yang paling lunak. Biasa dibuat steak.
4.    Has Luar / Sirloin
Berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Daging ini adalah yang paling murah dari bagian daging has. Biasanya digunakan juga untuk steak.
5.    Tanjung / Rump
Berasal dari bagian punggung belakang. Cara memasaknya dengan dipanggang.
6.    Lamosir / Cube Roll
Berasal dari bagian belakang sapi di sekitar has dalam,  has luar dan tanjung. Bagian ini termasuk yang lunak, karena mengandung butir – butir lemak. Daging bagian ini bisa dipanggang, oven, grill, atau sup khas Batam Sop Lamosir.
7.    Penutup Daging Sapi / Top Side / Round
Terletak dibagian paha belakang sapi dan sudah mendekati area pantat sapi. Jika dipanggang, bagian ini akan lama lunaknya, Karen kandungan lemaknya sedikit. Biasa untu campuran daging pizza.
8.    Punuk / Blade
Bagian atas yang menyambung dari bagian paha depan terus sampai ke bagian punuk sapi. Bagian ini paling cocok dimasak dengan tehnik kukus.
9.    Tulang T / T – Bone
Bagian ini biasa dibuat steak. Bagian yang paling besar biasanya berasal dari bagian has luar, sedangkan bagian kecilnya berasal dari has dalam.
10.  Hidung / Cingur
Tulang rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi. Biasa dibuat rujak cingur.
11.   Lidah Sapi
Biasanya dibuat sate padang.
12.  Ekor Sapi / Buntut Sapi
Biasa dibuat sop buntut.
13.  Leher Sapi
Biasa dibuat steak atau rending
14.  Kepala Sapi
Terdiri dari otak sapi yang untuk sebagian orang sangat menyukainya dan bagian hidung / cingur .
15.  Sandung Lamur / Brisket
Berasal dari bagian bawah dada sekitar ketiak. Biasanya bagian ini sering dibuat masakan Padang Asam Padeh.
16.  Sancan / Flank / Plate
Berasal dari otot perut. Bagian ini juga kurang lunak jika disbanding daging has dan iga. Biasanya dimasak tumis. Untuk membantu melunakan daging ini, dengan cara dipukul – pukul sebelum dimasak.
17.  Sengkel / Shank / Shin
Berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Biasanya digunakan untuk bahan dasar sop, bakso urat, dan soto.
18.  Gandik / Silver Side
Bagian belakang sapi terluar dan paling dasar. Bagian ini bukan daging paha. Biasanya bagian ini dibuat dendeng.
19.  Kelapa / Knuckle
Berasal dari paha belakang bagian atas yang berada diantara penutup dan gandik. Biasanya bagian ini dimasak dengan tehnik dipanggang.
20. Hati Sapi
Biasa dibuat sambel goring ati
21.  Jeroan Sapi
Terdiri dari usus, limpa, dan babat. Biasanya dibuat Cotto Makasar.
22. Kaki Sapi
Biasa dibuat Tengkleng (masakan khas Solo), Mie Kocok Bandung, dan Sop Kaki Sapi.
23. Kulit Sapi
Biasanya bagian ini dikeringkan dan dibuat rambak
24. Tetelan
Merupakan sisa daging sapi yang melekat pada tulang. Biasa dimasak sop atau rawon
25. Glonggongan (diambil dari Bahasa Jawa)
Ini bukan bagian daging sapi, ini adalah tehnik yang tidak wajar sebelum sapi dijual.
26. Kikil
Diambil dari bagian kaki sapi. Biasa digunakan untuk sop atau mie kikil.

Semoga bisa sedikit membantu Anda dalam mengolah daging sapi.

Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber lain.

Comments

  1. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Pak Lay (Chinese Food)

BAHAN : Sayuran sebenarnya bisa apa aja Saya pakai : bunga kol (brokoli bisa), sawi putih, kobis, wortel semua sayuran disiangi trs dipotong2 Jamur kuping (kalau ada) Daun Bawang  Daun seledri  1 buah tomat 1 butir telur 2 buah hati ayam, rebus dulu dengan garam dan jahe, kemudian goreng dan iris kotak Minyak goreng BUMBU : 3 siung bawang putih, cincang halus 1/4 sdt Merica Bubuk Garam secukupnya Gula pasir secukupnya 1/2 sdm Kecap asin 1 sdm Kecap manis 1 sdm saus tomat atau saus pedas 1/2 sdm saus tiram 1 gelas kecil air CARA BUAT : Tumis bawang putih sampe harum, orak arik telur, masukan hati ayam, masukan sayuran, masak hingga sayuran layu Bumbui dengan bumbu2 diatas yang belum dimasukan, aduk rata Tuang air, didihkan, icipi. Selamat Mencoba ^_^

Resep Tahu dan Tempe Bacem

BAHAN : 1 papah tempe dipotong2 (kalo saya jd 8 potong) 10 tahu 2 lembar daun salam 1 ruas lengkuas, geprek 3 sdm air asam jawa 1 gelas air kelapa 5 sdm kecap manis 5 sdm gula merah, iris2 BUMBU HALUS : 6 siung bawang merah 4 siung bawang putih 2 butir kemiri 1 sdm ketumbar bubuk Garam secukupnya Gula pasir secukupnya Cara buat : 1. Tata tahu dan tempe dipanci, tempe dibagian bawah ya biar tahu tidak hancur 2. Masukan semua bumbu halus dan bahan yg lain 3. Masak diatas api, sampe air meresap ke tahu dan tempe, o iya diicipin dulu ya... biar tahu apa udah manis n asin belum... Setelah masuk menit ke 30, kecilkan api ya biar tidak mudah gosong 4. Masaknya sih sekitar 45 - 60 menit 5. Setelah bumbu meresap angkat, goreng sebelum disajikan (bagi yg suka ga digoreng ya ga usah digoreng... hehehe) Selamat Mencoba ...